Kerangka Acuan
Manajer Komunikasi dan Kampanye

 

Latar Belakang Tentang Koaksi Indonesia

Coaction Indonesia, atau Koaksi Indonesia dalam bahasa Indonesia, adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai simpul jejaring dan simpul pembelajaran ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Koaksi bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkret dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.

Khusus isu energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada sektor ketenagalistrikan dan akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan. Intervensi yang dilakukan Koaksi Indonesia fokus pada kampanye dan advokasi, peningkatan kapasitas, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan semangat kolaborasi, Koaksi Indonesia mengajak pemangku kepentingan untuk mengambil peran dalam mengawal pencapaian target 23 persen untuk energi terbarukan dalam bauran energi nasional, termasuk mendorong transformasi kebijakan energi, membuat komitmen bersama, dan membangun kebutuhan publik untuk energi terbarukan, karena masa depan energi terbarukan di Indonesia sangat bergantung pada pemahaman dan keinginan kuat dari pemangku kepentingan agar mampu membuat arah yang jelas dan konsisten dengan misinya.

 

Penjelasan tentang Pekerjaan

Manajer Komunikasi dan Kampanye melakukan kerja-kerja yang berkaitan dengan bidang Komunikasi dan Kampanye yang mendukung kegiatan dan kemajuan Yayasan.

 

Periode Kerja

Periode kerja selama 6 (enam) bulan berdasarkan timeline project.

 

Supervisor

Manajer Komunikasi dan Kampanye bertanggung jawab kepada Direktur Program.

 

Lingkup Pekerjaan

  1. Memimpin kerja dibidang komunikasi dan kampanye di tingkat lokal dan nasional dengan mengembangkan bukti/temuan sebagai dasar komunikasi, analisis media, laporan praktik terbaik/evaluasi program, dan berpartisipasi dalam pembuatan proposal Yayasan melalui usaha mencari /mendapatkan informasi tentang peluang-peluang pendanaan.
  2. Membangun jaringan dengan pejabat kunci pemerintah di tingkat nasional, tokoh politik, kelompok pemuda, tokoh agama, LSM, dan aktor lain.
  3. Mempersiapkan update berkala terkait perkembangan komunikasi dan kampanye kepada tim di internal dan di eksternal, baik melalui situs web maupun publikasi lain yang ada di organisasi, termasuk membangun publikasi, produk keluaran lain yang menjadi target, dan laporan yang berkualitas.
  4. Memberikan peningkatan kapasitas dan saran teknis berupa pelatihan reguler dan klinik pelatihan tentang komunikasi dan kampanye untuk staf internal dan mitra.
  5. Melakukan kajian terhadap isu akuntabilitas yang berkaitan dengan akuntabilitas Yayasan Koaksi Indonesia melalui pengelolaan dan pengembangan media komunikasi massa dan internal, termasuk terkait dengan brand dan reputasi.
  6. Mengembangkan materi komunikasi dan kampanye, seperti ringkasan program, yang berupa brosur, artikel pendek, dan menyiapkan konferensi pers atau media gathering termasuk perlengkapannya, untuk mempromosikan kegiatan dan Yayasan, termasuk untuk platform website dan media sosial, seperti situs web Koaksi Indonesia, akun/grup Facebook, TikTok, Twitter dan Instagram, penerbitan dan distribusi buku-buku Yayasan Koaksi Indonesia.
  7. Bersama Direktur dan Manajer lain (Senior Management Team), berpartisipasi dalam menyusun SOP, Kebijakan Yayasan dan Rencana Strategis Yayasan.
  8. Membangun presentasi, koordinasi dan dapat menyampaikannya dengan baik, secara internal maupun external (pihak-pihak lain) yang terkait dengan kegiatan Yayasan.
  9. Memahami pekerjaan dan lingkup pekerjaannya, dan mampu melakukan secara individual dan dalam tim.
  10. Menjaga kerahasiaan organisasi dan proyek, termasuk namun tidak terbatas pada informasi dan data yang berkaitan dengan dokumen proyek, keuangan, perjanjian dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi dan perjanjian donor.

 

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal Sarjana (S-1) diutamakan jurusan komunikasi dan atau jurnalistik;
  • Domisili di area Jabodetabek (Diutamakan area Jakarta);
  • Memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik, lisan maupun tulisan;
  • Berpengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang komunikasi dan kampanye;
  • Memiliki kemampuan manajerial yang baik, minimal pernah mengelola 2 orang dalam jangka waktu sedikitnya 5 (lima) tahun;
  • Memiliki pengalaman setidaknya mengelola 2 (dua) program (donor based)
  • Kemampuan untuk merancang proposal dan laporan;
  • Memahami website Content Management Sistem (CMS) dan pengelolaan media komunikasi (e-mail dan mailing list);
  • Berpengalaman mengelola newsletter, brosur, press realese;
  • Berpengalaman dalam penerbitan dan distribusi buku;
  • Memiliki jaringan yang luas dengan kalangan media;
  • Menguasai software Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint);
  • Menguasai internet, email dan cloud drive;
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke wilayah-wilayah yang menjadi lokasi kerja organisasi.

 

Mekanisme Pengajuan Lamaran

Koaksi Indonesia mempersilahkan pelamar untuk mengirimkan aplikasi dengan melampirkan Cover Letter dan CV terbaru melalui email ke: secretariat@coaction.id selambat-lambatnya tanggal 10 September 2023 dengan mencantumkan kode pada subjek email: MKK-Coaction2023_NamaPelamar.

 

Koaksi Indonesia memberikan kesempatan kepada semua yang tertarik dan memenuhi syarat. Koaksi Indonesia tidak membedakan ras, jenis kelamin, disabilitas, agama/kepercayaan dan usia untuk mengirimkan aplikasinya.

 

Semua aplikasi yang masuk diperlakukan secara rahasia.
Hanya kandidat terpilih yang akan diundang untuk wawancara.

 

*****