Role Profile
Location | Jakarta Office |
Job Title | Content Creator Media Sosial – Instagram |
Functional Area | Program |
Reports to | Communication Coordinator |
Effective Date | February 2022 |
Working Language | Indonesia |
Expected Starting Date | 14 February 2021 |
Contract Period | 14 February 2022 to 14 April 2022 |
A. Latar Belakang
Tentang Koaksi Indonesia
Koaksi Indonesia (Koaksi) adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai pusat jejaring strategis dan inkubator ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Koaksi bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkret dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.
Spesifik pada sektor energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada energi yang berkelanjutan, akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang inovatif, dan sisi ekonomi energi dan ketahanan energi. Pendekatan yang dilakukan Koaksi adalah advokasi kebijakan, kampanye untuk mendapatkan dukungan publik, dan pengembangan kolaborasi strategis dengan berbagai mitra. Saat ini, yang dikerjakan Koaksi untuk energi yang berkelanjutan adalah mengawal aspek keberlanjutan dalam industri biodiesel Indonesia, transisi energi dari energi berbasis fosil ke energi terbarukan, membuat toolkit inventarisasi gas rumah kaca di sektor energi dan limbah untuk mendukung target pencapaian NDC (Nationally Determined Contribution) Indonesia pada komitmen global yang sudah dibuat, dan mendorong kampanye green jobs sebagai pintu masuk dukungan anak muda pada energi terbarukan dengan tagar #EnergiMuda. Tambahan lagi, Koaksi juga tengah mendorong penggunaan energi terbarukan pada sektor transportasi untuk mendukung transportasi publik yang inklusif, efektif, dan rendah emisi.
Tentang Kampanye Ngerti Iklim
Studi yang dilakukan oleh World Meteorological Association (WMO) yang diterbitkan dalam Global Annual to Decadal Climate Update for 2020-2024, memprediksi bahwa suhu global secara rata-rata akan naik hingga 1 derajat Celcius. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia dari tahun 1906 hingga 2005, suhu permukaan global meningkat sebesar 0,74 derajat Celcius. Kenaikan suhu ini tidak diragukan lagi disebabkan oleh kenaikan gas rumah kaca di atmosfer bumi, yang dilepaskan oleh aktivitas manusia. Dalam survey yang dilakukan oleh YouGov Cambridge Globalism bekerjasama dengan The Guardian, bahwa responden Indonesia menyatakan tidak percaya bahwa manusia membawa pola perubahan terhadap lingkungan. Hal ini berakibat masyarakat Indonesia paling meragukan perubahan Iklim (18%), posisi berikutnya diikuti oleh masyarakat Arab Saudi (16%) dan Amerika serikat di urutan ketiga (13%).
Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut dimulai dari kurangnya minat baca. Tingkat minat baca anak di Indonesia cenderung menurun dan masih jauh di bawah rata-rata negara OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development). Saat ini Indonesia berada pada peringkat ke-72 dari 77 negara. Selain itu informasi yang beredar juga cukup terbatas. Materi tentang perubahan iklim yang tidak menarik, tidak dekat dan terlalu kompleks bagi anak muda Indonesia juga dapat menjadi penyebabnya. Akhirnya anak muda tidak memahami konsep iklim dan perubahan yang terjadi saat ini sehingga tidak memiliki kesadaran juga opsi untuk berkontribusi pada perubahan iklim. Padahal seharusnya Indonesia perlu memanfaatkan potensi bonus demografi yang tidak dimiliki oleh semua negara. Berdasarkan hal tersebut, Koaksi Indonesia membangun sebuah kampanye dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak muda dalam perilaku yang berdampak pada perubahan iklim melalui media sosial.
B. Periode Kerja
Periode kerja selama 2 bulan dengan potensi perpanjangan di kemudian waktu (sesuai kesepakatan).
C. Metode Kerja
Skema kerja paruh waktu (part time) dengan ketentuan kerja sebagai berikut:
- Kehadiran Fisik: minimal 2 (dua) hari dan maksimal 3 (tiga) hari dari 5 (lima) hari kerja per minggu
- Waktu kerja: 4 (empat) jam kerja per hari, atau 80 jam per bulan (online dan fisik)
- Wajib mengisi timesheet yang harus diserahkan kepada direct user/supervisor setiap tanggal 20 pada bulan berjalan untuk disetujui dan diserahkan kepada Manajer Operasional agar diproses lebih lanjut.
D. Supervisor
Content Creator akan bertanggung jawab kepada Koordinator Komunikasi.
E. Lingkup Pekerjaan
-
- Membantu pembuatan Editorial Plan untuk konten media sosial Instagram dan TikTok Ngerti Iklim
- Membuat konten dan mengelola akun Instagram yang sesuai dengan Editorial Plan, dari mulai pengambilan gambar, editing, dan posting ke akun Instagram Feed, Story, ataupun Reels
- Mengikuti perkembangan isu perubahan iklim dan tren media sosial Instagram serta mengaplikasikan pada Editorial Plan
- Mengimplementasikan media social ads (boosts and ads)
- Menjaga interaksi dengan follower baik pada comment section ataupun direct messages
- Melakukan pemetaan dan berinteraksi dengan Key Opinion Leader (KOL) atau content creator untuk kebutuhan kolaborasi
- Mempersiapkan kelengkapan administrasi dan keuangan untuk pelaporan
- Membuat laporan akhir kegiatan sesuai dengan format yang diberikan
- Turut terlibat aktif dalam perencanaan dan diskusi Divisi Komunikasi dan Kampanye Koaksi Indonesia agar selalu selaras dan relevan dengan target kampanye dan advokasi organisasi
- Turut terlibat aktif dalam pembelajaran dan pengelolaan pengetahuan organisasi, termasuk di dalamnya peningkatan kapasitas pribadi.
F. Kualifikasi
-
- Domisili area Jabodetabek dan sekitarnya
- Lulus/fresh graduate dari S1 semua jurusan
- Kreatif, aktif, dan bisa memandu kegiatan IG Live
- Berpengalaman dalam berorganisasi atau bekerja dalam tim (volunteering diperbolehkan)
- Menguasai media sosial Instagram (memiliki akun atau mengelola akun)
- Memiliki kemampuan dasar dalam membuat konten di media sosial yang sedang dikelola (Editing gambar untuk feed dan stories juga video reels)
- Menguasai dan mengikuti isu perubahan iklim dan aksinya
- Memahami proses operasional dan administratif yang mendukung kerangka kerja logis (logical framework)
- Mampu menulis dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan baik (sertifikat keahlian sangat dianjurkan jika ada)
- Memiliki kemampuan mengelola pekerjaan secara efektif dan efisien (bekerja dengan tenggat waktu ketat), secara individual maupun tim (good time management)
- Berorientasi pada hasil dalam waktu yang telah disepakati
Koaksi Indonesia mempersilahkan pelamar untuk mengirimkan aplikasi dengan melampirkan Cover Letter dan CV terbaru melalui email ke: secretariat@coaction.id, selambat-lambatnya tanggal 05 February 2022 dengan mencantumkan kode pada subjek email: CCSMIG-Coaction2022_NamaPelamar.
Koaksi Indonesia memberikan kesempatan kepada semua yang tertarik dan memenuhi syarat. Koaksi Indonesia tidak membedakan ras, jenis kelamin, disabilitas, agama/kepercayaan dan usia untuk mengirimkan aplikasinya.
Semua aplikasi yang masuk diperlakukan secara rahasia.
Hanya kandidat terpilih yang akan diundang untuk wawancara.