Koalisi Masyarakat Sipil Desak Menteri ESDM Bahlil Prioritaskan Kebijakan Energi Terbarukan

Dua bulan sebelum masa jabatannya berakhir, Presiden Joko Widodo melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif. Dalam rapat perdana dengan Komisi VII DPR hari ini, Kamis (29/8), dengan jabatan barunya sebagai Menteri ESDM, organisasi masyarakat sipil yang tergabung dalam Koalisi Transisi Energi Berkeadilan mendesak agar Menteri Bahlil memprioritaskan kebijakan energi terbarukan (ET).

Meningkatkan Kualitas Akses Energi di Indonesia dengan Energi Surya

Jakarta, 6 Agustus 2024 – Akses energi yang berkualitas merupakan hak masyarakat. Dengan akses energi berkualitas yang mampu menyediakan listrik selama 24 jam dengan tegangan stabil, aktivitas ekonomi dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa pada tahun 2023, lebih dari 99,78 persen wilayah di Indonesia telah teraliri…

Energi Surya Dinilai Berkualitas, Pelanggan PLTS Atap Naik 15 Kali Lipat

Energi surya dinilai sebagai salah energi terbarukan berkualitas yang bisa diakses secara mandiri oleh masyarakat. Hal ini bisa memberi dampak positif karena memungkinkan masyarakat dapat memenuhi layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan serta menggerakkan aktivitas ekonomi. Karena itu, tidak heran, pelanggan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap meningkat 15 kali lipat dalam periode 2018 hingga 2024.