Kerangka Acuan
Staf Kreator Konten

 

Latar Belakang Tentang Koaksi Indonesia

Coaction Indonesia, atau Koaksi Indonesia dalam bahasa Indonesia, adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai simpul jejaring dan simpul pembelajaran ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Koaksi bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkret dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.

Khusus isu energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada sektor ketenagalistrikan dan akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan. Intervensi yang dilakukan Koaksi Indonesia fokus pada kampanye dan advokasi, peningkatan kapasitas, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan semangat kolaborasi, Koaksi Indonesia mengajak pemangku kepentingan untuk mengambil peran dalam mengawal pencapaian target 23 persen untuk energi terbarukan dalam bauran energi nasional, termasuk mendorong transformasi kebijakan energi, membuat komitmen bersama, dan membangun kebutuhan publik untuk energi terbarukan, karena masa depan energi terbarukan di Indonesia sangat bergantung pada pemahaman dan keinginan kuat dari pemangku kepentingan agar mampu membuat arah yang jelas dan konsisten dengan misinya.

 

Penjelasan tentang Pekerjaan

Staf Kreator Konten melakukan kerja-kerja yang berkaitan dengan bidang komunikasi yang mendukung kegiatan dan kemajuan Yayasan.

 

Periode Kerja

Periode kerja selama 8 (delapan) bulan sesuai dengan timeline project.

 

Supervisor

Staf Kreator Konten bertanggung jawab kepada Koordinator Komunikasi.

 

Lingkup Pekerjaan

  1. Bekerja sama dengan penulis dan editor serta staf terkait;
  2. Melakukan riset untuk melihat perkembangan tren untuk produksi konten dalam mendukung kampanye organisasi, mengidentifikasi dan menyesuaikan konten dengan target audiens;
  3. Membuat rencana dan konsep visual yang dituangkan dalam Editorial Plan setiap bulannya untuk Instagram dan Tiktok;
  4. Membuat story telling untuk mendukung konten yang diproduksi;
  5. Editing gambar ataupun video menggunakan software pendukung seperti Adobe Premiere, VN, dan lain sebagainya;
  6. Monitoring dan analisis algoritma media social menggunakan tools yang tersedia;
  7. Merencanakan strategi pengembangan konten/ meningkatkan traffic konten melaui diskusi atas hasil evaluasi konten, dan mengimplementasikan media social ads (boosts and ads);
  8. Membuat laporan dan review atas hasil konten yang telah diproduksi setiap bulannya;
  9. Memahami pekerjaan dan lingkup pekerjaannya, dan mampu melakukan secara individual dan dalam tim.
  10. Menjaga kerahasiaan organisasi dan proyek, termasuk namun tidak terbatas pada informasi dan data yang berkaitan dengan dokumen proyek, keuangan, perjanjian dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi dan perjanjian donor.

 

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal Sarjana (S-1), di bidang desain, komunikasi, publik relation, yang terkait;
  • Memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik, lisan maupun tulisan;
  • Berpengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun di bidang produksi konten untuk social media (portofolio dilampirkan);
  • Berpengalaman mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola informasi terkait perkembangan sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lingkungan yang pernah, sedang, dan kemungkinan akan terjadi;
  • Terbiasa menggunakan media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook dan Twitter;
  • Kreatif, open-minded, dan terbiasa in frame untuk kebutuhan konten;
  • Dapat bekerja tim dengan berbagai divisi untuk keperluan pengembangan konten;
  • Menguasai internet, email dan cloud drive;
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke wilayah-wilayah yang menjadi lokasi kerja organisasi.

 

Mekanisme Pengajuan Lamaran

Koaksi Indonesia mempersilahkan pelamar untuk mengirimkan aplikasi dengan melampirkan Cover Letter dan CV terbaru melalui email ke: secretariat@coaction.id selambat-lambatnya tanggal 21 Juli 2023 dengan mencantumkan kode pada subjek email: KK-Coaction2023_NamaPelamar.

 

Koaksi Indonesia memberikan kesempatan kepada semua yang tertarik dan memenuhi syarat. Koaksi Indonesia tidak membedakan ras, jenis kelamin, disabilitas, agama/kepercayaan dan usia untuk mengirimkan aplikasinya.

 

Semua aplikasi yang masuk diperlakukan secara rahasia.
Hanya kandidat terpilih yang akan diundang untuk wawancara.

 

*****