A. Latar Belakang Tentang Koaksi Indonesia
Coaction Indonesia, atau Koaksi Indonesia dalam bahasa Indonesia, adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai simpul jejaring dan simpul pembelajaran untuk solusi dan aksi inovatif yang berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Kami fokus melakukan advokasi kebijakan, kampanye publik, dan pengembangan kolaborasi strategis dengan berbagai mitra, seperti pembuat kebijakan, sektor swasta dan industri, lembaga riset, lembaga pendidikan/universitas dan akademisi, organisasi masyarakat sipil (civil society organizations/CSOs), komunitas (community-based organizations/CBOs), dan para penggerak muda, termasuk individual. Tujuannya untuk mendorong akselerasi transisi energi yang inklusif, berkeadilan, berkelanjutan yang turut memengaruhi perubahan di sektor-sektor strategis pembangunan berkelanjutan lainnya, seperti transportasi, industri, hutan dan lahan, serta limbah.

B. Penjelasan tentang Pekerjaan
Copywriter website melakukan kerja-kerja yang berkaitan dengan bidang komunikasi dan kemitraan dalam menunjang platform informasi dan teknologi yang mendukung kegiatan dan kemajuan Yayasan, khususnya pada pengembangan Website yang berkaitan dengan program Yayasan.

C. Periode Kerja
Periode kerja selama 3 (tiga) bulan

D. Supervisor
Copywriter Website (Staff) bertanggung jawab kepada Manajer Riset dan Pengelolaan Pengetahuan.

E. Lingkup Pekerjaan
1. Penulisan Konten Web: Menciptakan konten yang menarik dan informatif untuk berbagai halaman di website, termasuk beranda, tentang kami, layanan, blog, dan lainnya.
2. Penulisan Naskah Pemelajaran: Mengembangkan naskah dari materi yang disediakan oleh pemateri, memastikan konten mudah dipahami dan menarik dengan tetap berbasis ilmiah.
3. Penelitian SEO: Melakukan penelitian kata kunci untuk mengoptimalkan konten web agar mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari dan meningkatkan traffic organik.
4. Penulisan Judul yang Menarik: Mengembangkan judul halaman dan subjudul yang menarik untuk menangkap perhatian pembaca dan mengoptimalkan untuk SEO.
5. Pembuatan Copy Iklan: Menulis copywriting untuk iklan online atau kampanye pemasaran yang akan digunakan dalam Pay Per Click, media sosial, atau platform pemasaran lainnya.
6. Strategi Konten: Mengembangkan strategi konten yang sesuai dengan tujuan merek dan target audiens, termasuk pemetaan konten dan perencanaan editorial.
7. Feedback dan Iterasi Konten: Menerima dan menindaklanjuti umpan balik dari pengguna atau klien untuk iterasi konten yang berkelanjutan

8. Editing dan Proofreading: Memastikan semua konten bebas dari kesalahan ejaan, tata bahasa, dan penerapan gaya penulisan yang konsisten di seluruh website.
9. Konten Multimedia: Bekerja sama dengan desainer grafis atau tim multimedia untuk memastikan bahwa teks dan visual di website saling melengkapi.
10. Analisis Performa Konten: Menggunakan alat analitik untuk melacak performa konten dan membuat penyesuaian berdasarkan data.

F. Kualifikasi

  • Pendidikan minimal Sarjana (S-1), di bidang Komunikasi, Jurnalistik, Bahasa dan
  • Sastra, Public Relations, dan atau bidang yang terkait;
  • Memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik, lisan maupun tulisan;
  • Berpengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun dalam copywriting, dan menulis konten
    baik konten digital maupun konten cetak;
  • Berpengalaman membangun dan memelihara hubungan dengan berbagai
    stakeholder, termasuk pemerintah, swasta, dan akademisi;
  • Berpengalaman mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola informasi terkait
    perkembangan dunia digital;
  • Memiliki keterampilan membangun presentasi dan menyampaikannya dengan baik;
  • Menguasai software Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint);
  • Mampu bekerja secara individu maupun bekerjasama dalam tim;
  • Menguasai pemahaman strategi digital dan manajemen program;
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke wilayah-wilayah yang menjadi lokasi kerja organisasi.

G. Mekanisme Pengajuan Lamaran

  1. Dokumen Kerangka Acuan Kerja ini sebagai pedoman awal;
  2. Personal yang berminat akan diminta untuk mengirimkan:
    – Surat Lamaran (Cover Letter);
    – Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae);
    – Portofolio beserta budget yang diajukan.
  3. Dokumen tersebut dikirimkan melalui surat elektronik yang ditujukan kepada:
    Recruitment Unit Yayasan Koaksi Indonesia
    Email: secretariat@coaction.id, dengan mencantumkan subjek: Copywriter Website
    Tenggat waktu pengajuan lamaran adalah Senin, 15 Juli 2024.
  4. Koaksi Indonesia akan mengirimkan informasi untuk proses lebih lanjut (wawancara) bagi kandidat terpilih;
  5. Koaksi Indonesia membuka luas ruang bagi perempuan untuk melamar pekerjaan ini.