Kerangka Acuan
Analis Inventarisasi Gas Rumah Kaca

 

Latar Belakang Tentang Koaksi Indonesia

Coaction Indonesia, atau Koaksi Indonesia dalam bahasa Indonesia, adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai simpul jejaring dan simpul pembelajaran ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Koaksi bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkret dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.

Khusus isu energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada sektor ketenagalistrikan dan akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan. Intervensi yang dilakukan Koaksi Indonesia fokus pada kampanye dan advokasi, peningkatan kapasitas, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan semangat kolaborasi, Koaksi Indonesia mengajak pemangku kepentingan untuk mengambil peran dalam mengawal pencapaian target 23 persen untuk energi terbarukan dalam bauran energi nasional, termasuk mendorong transformasi kebijakan energi, membuat komitmen bersama, dan membangun kebutuhan publik untuk energi terbarukan, karena masa depan energi terbarukan di Indonesia sangat bergantung pada pemahaman dan keinginan kuat dari pemangku kepentingan agar mampu membuat arah yang jelas dan konsisten dengan misinya.

 

Penjelasan tentang Pekerjaan

Konsultan analis inventarisasi gas rumah kaca melakukan kerja-kerja yang berkaitan dengan bidang kebijakan dan advokasi yang mendukung kegiatan dan kemajuan Yayasan.

 

Periode Kerja

Periode kerja selama 3 (tiga) bulan (dapat diperpanjang sesuai program organisasi)

 

Supervisor

Konsultan analis inventarisasi gas rumah kaca bertanggung jawab kepada Manajer Kebijakan dan Advokasi.

 

Lingkup Pekerjaan

  1. Mengembangkan bukti/temuan sebagai dasar penelitian, analisis kebijakan, data sekunder atau tinjauan literatur.
  2. Membuat Rencana Kerja dan Metodologi, proses/tahapan dan prioritas, timeline, dan pertanyaan kunci dalam menyusun kegiatan.
  3. Melakukan pengumpulan data yang diperlukan program, terkait energi, lingkungan, iklim, dan data lain yang mendukung.
  4. Mengonsolidasikan dan mengelola pengetahuan tentang kegiatan, dan terlibat dalam memantau kemajuan program maupun evaluasi kegiatan program.
  5. Berkontribusi dalam upaya meningkatkan kapasitas terkait isu perubahan iklim dan energi di internal organisasi dan masyarakat luas.
  6. Memahami pekerjaan dan lingkup pekerjaannya, dan mampu melakukan secara individual dan dalam tim.
  7. Memberikan dukungan administratif dalam mengelola program perubahan iklim dan energi, termasuk mengatur engagement, menyusun jadwal, mengelola dokumen dan menyimpan catatan.
  8. Merumuskan draf laporan riset atau kegiatan dalam bentuk narasi dan dokumen ilmiah kepada Manajer Kebijakan dan Advokasi.
  9. Menjaga kerahasiaan organisasi dan proyek, termasuk namun tidak terbatas pada informasi dan data yang berkaitan dengan dokumen proyek, keuangan, perjanjian dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi dan perjanjian donor.

 

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal Sarjana (S-1) di bidang yang berkaitan dengan lingkungan, energi terbarukan, perubahan iklim, dan jurusan lain yang relevan; pemahaman mengetahui emisi gas rumah kaca akan menjadi nilai tambah.
  • Keterampilan dalam analisis kebijakan, penelitian dan analisis data.
  • Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang terkait dengan emisi gas rumah kaca.
  • Mampu menyampaikan informasi kompleks tentang GHG Inventory dengan jelas dan mudah dimengerti.
  • Memiliki keterampilan menulis dan menyunting dengan baik, termasuk menulis artikel, kerangka acuan kerja, maupun laporan;
  • Memiliki keterampilan membangun presentasi dan menyampaikannya dengan baik;
  • Telah memiliki publikasi (lebih diutamakan);
  • Memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik, lisan maupun tulisan;
  • Domisili area Jabodetabek;
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke wilayah-wilayah yang menjadi lokasi kerja organisasi.

 

Mekanisme Pengajuan Lamaran

  1. Dokumen Kerangka Acuan Kerja ini sebagai pedoman awal;
  2. Personal yang berminat akan diminta untuk mengirimkan:
    • Surat Lamaran;
    • Curriculum Vitae. (note: KTP, sertifikat & ijazah tidak perlu dilampirkan)
  1. Dokumen tersebut dikirimkan melalui surat elektronik yang ditujukan kepada:
    Recruitment Unit Yayasan Koaksi Indonesia
    Email: secretariat@coaction.id, dengan mencantumkan subjek: Analis IGRK
    Tenggat waktu pengajuan lamaran adalah Senin, 07 Agustus 2023.
  2. Koaksi Indonesia akan mengirimkan informasi untuk proses lebih lanjut (wawancara) bagi kandidat terpilih;
  3. Koaksi Indonesia membuka luas ruang bagi perempuan untuk melamar pekerjaan ini.

Disiapkan: Juli 2023

******