Kerangka Acuan
Staf Penulis dan Editor

 

Latar Belakang Tentang Koaksi Indonesia

Coaction Indonesia, atau Koaksi Indonesia dalam bahasa Indonesia, adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai simpul jejaring dan simpul pembelajaran ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Koaksi bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkret dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.

Khusus isu energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada sektor ketenagalistrikan dan akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan. Intervensi yang dilakukan Koaksi Indonesia fokus pada kampanye dan advokasi, peningkatan kapasitas, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan semangat kolaborasi, Koaksi Indonesia mengajak pemangku kepentingan untuk mengambil peran dalam mengawal pencapaian target 23 persen untuk energi terbarukan dalam bauran energi nasional, termasuk mendorong transformasi kebijakan energi, membuat komitmen bersama, dan membangun kebutuhan publik untuk energi terbarukan, karena masa depan energi terbarukan di Indonesia sangat bergantung pada pemahaman dan keinginan kuat dari pemangku kepentingan agar mampu membuat arah yang jelas dan konsisten dengan misinya.

 

Penjelasan tentang Pekerjaan
Staf Penulis dan Editor melakukan kerja-kerja yang berkaitan dengan bidang komunikasi yang mendukung kegiatan dan kemajuan Yayasan.

 

Periode Kerja
Periode kerja selama 8 (delapan) bulan sesuai dengan timeline project.

 

Supervisor
Staf Penulis dan Editor bertanggung jawab kepada Koordinator Komunikasi.

 

Lingkup Pekerjaan

  1. Bekerja sama dengan kreator konten, penulis, dan staf terkait;
  2. Menjadi bagian tim penulis yang akan mengeksekusi ide tulisan;
  3. Menghadirkan ide-ide tulisan yang sesuai dengan tujuan organisasi dan akan dieksekusi sesuai dengan tren dan peluang yang dapat diambil;
  4. Menentukan gaya penulisan yang sesuai dengan media publikasi (Website, report, dsb);
  5. Melakukan research keywords yang relevan dengan kebutuhan kegiatan Yayasan;
  6. Mengoreksi tulisan penulis agar audiens dapat mengerti yang disampaikan penulis, dan mengedit naskah yang telah diubah sesuai dengan bahasa PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia);
  7. Memberi saran layout (artwork, desain, fotografi) pada materi tulisan;
  8. Membuat laporan dan review atas hasil penulisan dan editorial yang telah diproduksi;
  9. Memahami pekerjaan dan lingkup pekerjaannya, dan mampu melakukan secara individual dan dalam tim.
  10. Menjaga kerahasiaan organisasi dan proyek, termasuk namun tidak terbatas pada informasi dan data yang berkaitan dengan dokumen proyek, keuangan, perjanjian dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi dan perjanjian donor.

 

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal Sarjana (S-1), di bidang Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra dan Bahasa Asing Lain, Ilmu Komunikasi, atau jurusan relevan lainnnya;
  • Domisili di area Jabodetabek (Diutamakan area Jakarta);
  • Memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik, lisan maupun tulisan;
  • Berpengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun sebagai editor;
  • Memiliki keterampilan menulis dan menyunting dengan baik, termasuk menulis artikel, kerangka acuan kerja, maupun laporan;
  • Menguasai dan memahami penggunaan ejaan, tata Bahasa dan gaya penulisan yang baik dan benar;
  • Memiliki pengetahuan dalam bidang social, budaya, ekonomi dan lingkungan;
  • Telah memiliki publikasi (lebih diutamakan);
  • Menguasai software Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint);
  • Menguasai internet, email dan cloud drive.

 

Mekanisme Pengajuan Lamaran

Koaksi Indonesia mempersilahkan pelamar untuk mengirimkan aplikasi dengan melampirkan Cover Letter dan CV terbaru melalui email ke: secretariat@coaction.id selambat-lambatnya tanggal 21 Juli 2023 dengan mencantumkan kode pada subjek email: PE-Coaction2023_NamaPelamar.

Koaksi Indonesia memberikan kesempatan kepada semua yang tertarik dan memenuhi syarat. Koaksi Indonesia tidak membedakan ras, jenis kelamin, disabilitas, agama/kepercayaan dan usia untuk mengirimkan aplikasinya.

Semua aplikasi yang masuk diperlakukan secara rahasia.
Hanya kandidat terpilih yang akan diundang untuk wawancara.

 

*****