Kerangka Acuan
Staf Keuangan

 

Latar Belakang Tentang Koaksi Indonesia
Coaction Indonesia, atau Koaksi Indonesia dalam bahasa Indonesia, adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai simpul jejaring dan simpul pembelajaran ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Koaksi bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkret dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.

Khusus isu energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada sektor ketenagalistrikan dan akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan. Intervensi yang dilakukan Koaksi Indonesia fokus pada kampanye dan advokasi, peningkatan kapasitas, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan semangat kolaborasi, Koaksi Indonesia mengajak pemangku kepentingan untuk mengambil peran dalam mengawal pencapaian target 23 persen untuk energi terbarukan dalam bauran energi nasional, termasuk mendorong transformasi kebijakan energi, membuat komitmen bersama, dan membangun kebutuhan publik untuk energi terbarukan, karena masa depan energi terbarukan di Indonesia sangat bergantung pada pemahaman dan keinginan kuat dari pemangku kepentingan agar mampu membuat arah yang jelas dan konsisten dengan misinya.

 

Penjelasan tentang Pekerjaan

Staf Keuangan melakukan kerja-kerja pada bidang keuangan yang mendukung kegiatan dan kemajuan Yayasan.

 

Periode Kerja
Periode kerja dengan masa percobaan (kontrak) selama 3 (tiga) bulan dan bisa diperpanjang atau tidak tergantung dari kinerja selama masa percobaan.

 

Supervisor
Staf Keuangan bertanggung jawab kepada Manajer Keuangan.

 

Lingkup Pekerjaan

  1. Mencatat/membukukan transaksi keuangan, dan melakukan rekonsiliasi bank setiap bulan, dan memeriksa akurasi dari saldo masing-masing account
  2. Membantu Manajer Keuangan untuk membuat laporan keuangan Koaksi Indonesia dan laporan keuangan ke lembaga donor.
  3. Melakukan entry-data ke software keuangan.
  4. Memerika ledger untuk memastikan data-data yang diperlukan telah dibuat jurnalnya, selanjutnya membuat summary jurnal: adjustment required, penyesuaian biaya di bayar di muka, jurnal depresiasi, pemakaian consumable.
  5. Menyiapkan pembayaran dan bukti pembayaran pajak, serta pihak-pihak yang berhubungan dengan transaksi yang terjadi.
  6. Menyiapkan Laporan Kas Kecil untuk pengisian kas kecil, termasuk menerima uang petty cash, memeriksa claim, mendapatkan dokumen tagihan yang ada di cash flow untuk didistribusikan pembayarannya sesuai jatuh tempo, dan mencetak laporan petty cash bulanan dan atau saat pengisian petty cash.
  7. Menerima, mendapatkan approval dan membayar expenses claim, advance membuat voucher, menjurnal transaksidan memastikan dokumen pendukung sudah memadai.
  8. Mempersiapkan dan melakukan koordinasi proses audit.
  9. Memahami pekerjaan dan lingkup pekerjaannya, dan mampu melakukan secara individual dan dalam tim.
  10. Menjaga kerahasiaan organisasi dan proyek, termasuk namun tidak terbatas pada informasi dan data yang berkaitan dengan dokumen proyek, keuangan, perjanjian dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi dan perjanjian donor.

 

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal Sarjana (S-1), di bidang akuntasi, keuangan;
  • Memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik, lisan maupun tulisan;
  • Berpengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun sebagai Staf Keuangan;
  • Mengetahui hukum lokal di bidang perpajakan dan prosedur pelaporannya;
  • Menguasai software Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint);
  • Menguasai software Keuangan (Sango/Atlas/Workiva/ERP/etc.);
  • Menguasai internet, email dan cloud drive;
  • Memiliki integritas, profesionalisme, dan etika kerja yang baik;
  • Komitmen dan kesediaan untuk mempelajari kapasitas/keahlian baru, dan adaptif dengan perubahan lingkungan kerja;
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke wilayah-wilayah yang menjadi lokasi kerja organisasi.

 

Mekanisme Pengajuan Lamaran

  1. Dokumen Kerangka Acuan Kerja ini sebagai pedoman awal;
  2. Personal yang berminat akan diminta untuk mengirimkan:
    • Surat Lamaran;
    • Curriculum Vitae.
  3. Dokumen tersebut dikirimkan melalui surat elektronik yang ditujukan kepada:
    Recruitment Unit Yayasan Koaksi Indonesia
    Email: secretariat@coaction.id, dengan mencantumkan subjek: Staf Keuangan
    Tenggat waktu pengajuan lamaran adalah Selasa, 21 Februari 2023.
  1. Koaksi Indonesia akan mengirimkan informasi untuk proses lebih lanjut (wawancara) bagi kandidat terpilih;
  2. Koaksi Indonesia membuka luas ruang bagi perempuan untuk melamar pekerjaan ini.

 

*****