Operational Staff Recruitment
Yayasan Koaksi Indonesia

 

LATAR BELAKANG
Tentang Koaksi Indonesia

Koaksi Indonesia (Koaksi) adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai pusat jejaring strategis dan inkubator ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Koaksi bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkret dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.

Spesifik pada sektor energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada energi yang berkelanjutan, akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang inovatif, dan sisi ekonomi energi dan ketahanan energi. Pendekatan yang dilakukan Koaksi adalah advokasi kebijakan, kampanye untuk mendapatkan dukungan publik, dan pengembangan kolaborasi strategis dengan berbagai mitra. Saat ini, yang dikerjakan Koaksi untuk energi yang berkelanjutan adalah mengawal aspek keberlanjutan dalam industri biodiesel Indonesia, transisi energi dari energi berbasis fosil ke energi terbarukan, membuat toolkit inventarisasi gas rumah kaca di sektor energi dan limbah untuk mendukung target pencapaian NDC (Nationally Determined Contribution) Indonesia pada komitmen global yang sudah dibuat, dan mendorong kampanye green jobs sebagai pintu masuk dukungan anak muda pada energi terbarukan dengan tagar #EnergiMuda. Tambahan lagi, Koaksi juga tengah mendorong penggunaan energi terbarukan pada sektor transportasi untuk mendukung transportasi publik yang inklusif, efektif, dan rendah emisi.

 

PERIODE KERJA

Periode kerja dengan masa percobaan selama 3 (tiga) bulan dan bisa diperpanjang atau tidak tergantung dari kinerja selama masa percobaan .

 

METODE KERJA

Metode kerja penuh waktu dengan ketentuan kerja sebagai berikut:

  1. Kehadiran: 5 (hari) hari dalam 5 (lima) hari kerja per minggu;
  2. Waktu kerja: rata-rata 8 (delapan) jam kerja per hari; dan bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan kantor.
  3. Dengan adanya ketentuan kerja ini, maka staf yang bersangkutan wajib mengisi timesheet yang harus diserahkan kepada supervisor, setiap tanggal 20 bulan berjalan untuk ditinjau dan diserahkan kepada Manajer Operasional agar diproses lebih lanjut.

 

SUPERVISOR

Staf Operasional akan bertanggung jawab kepada Manager Operasional.

 

LINGKUP PEKERJAAN

  1. Melakukan segala urusan yang berhubungan dengan kegiatan kantor;
  2. Administrator telepon kantor (panggilan keluar dan masuk);
  3. Menangani sistem email kantor (email keluar dan email masuk);
  4. Administrator perpustakaan yayasan;
  5. Mengelola agenda harian/mingguan/bulanan, mengatur meeting dan kalender (Google Calendar);
  6. Mempersiapkan memo dan formulir yang berkaitan dengan administrasi;
  7. Manajemen travel (tiket, hotel, dll);
  8. Melakukan pemeriksaan kebutuhan logistik kantor (ATK dan Dapur) dan membuat anggaran bulanan;
  9. Membuat rencana anggaran untuk pemeliharaan fasilitas dan kegiatan penunjang kantor;
  10. Mengelola Asset Yayasan;
  11. Mengelola Petty Cash Yayasan;
  12. Mengelola dan memelihara inventaris, file sekreatriat dan operasional.

 

KUALIFIKASI

  1. Minimal Pendidikan SMK (Administrasi/Keuangan/Sekretaris);
  2. Berpengalaman dalam berorganisasi atau bekerja dalam tim;
  3. Menguasai software Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint);
  4. Menguasai internet, email dan cloud drive;
  5. Menguasai pembuatan Google Form;
  6. Mempunyai pengalaman dalam bidang administrasi dan keuangan;
  7. Menguasai dan mengikuti isu energi;
  8. Mampu menulis dan berkomunikasi yang baik menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan baik;
  9. Memahami proses operasional dan administratif yang mendukung kerangka kerja logis (logical framework);
  10. Memiliki kemampuan mengelola pekerjaan secara efektif dan efisien (bekerja dengan tenggat waktu ketat), baik secara individual maupun tim;
  11. Berorientasi pada hasil kerja dalam waktu yang telah disepakati.
  12. Mempunyai integritas dan komitmen dalam bekerja.

 

MEKANISME PENGAJUAN LAMARAN

  1. Dokumen Kerangka Acuan Kerja ini sebagai pedoman awal;
  2. Personal yang berminat akan diminta untuk mengirimkan:
  • Surat Lamaran;
  • Curriculum Vitae.
    Dokumen tersebut dikirimkan melalui surat elektronik yang ditujukan kepada:
    Recruitment Unit
    Yayasan Koaksi Indonesia
    Email: secretariat@coaction.id, dengan mencantumkan subjek: Staf Operasional
    *
    Tenggat waktu pengajuan lamaran adalah Rabu, 28 September 2022.
  1. Koaksi Indonesia akan mengirimkan informasi untuk proses lebih lanjut (wawancara) bagi kandidat terpilih;
  2. Koaksi Indonesia membuka luas ruang bagi perempuan untuk melamar pekerjaan ini.

 

Disiapkan: September 2022