Kenapa Energi Terbarukan?
Energi terbarukan merupakan energi dari sumber daya alam yang pada hakikatnya tidak akan pernah habis dan mampu terisi kembali melalui proses alami dalam kurun waktu yang pendek dibandingkan dengan masa hidup manusia. Terdapat beberapa jenis sumber energi terbarukan yang bisa dikembangkan di Indonesia, antara lain surya/solar, hidro, angin/banyu, panas bumi, bioenergi, serta gelombang laut.

 

Kenapa energi terbarukan bermanfaat bagi Indonesia?
Ketersediaan energi merupakan elemen yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, dan menjadi kebutuhan mutlak untuk menunjang pembangunan berkelanjutan. Tantangannya bagi Indonesia adalah bagaimana Indonesia bisa mengantisipasi ketergantungannya pada energi fosil dengan secara simultan juga mengembangkan sumber energi terbarukan.

Energi fosil Indonesia (batu bara, minyak bumi, dan gas alam) bukan lah energi terbarukan. Dengan eksploitasi yang ada sekarang dan tidak diikuti dengan eksplorasi baru yang signifikan, maka cadangan dalam negeri untuk energi fosil makin menipis dan akan segera habis. Di sisi lain, potensi energi terbarukan di Indonesia sangat berlimpah, dan potensinya berbeda-beda di setiap daerah. Pemanfaatan energi terbarukan yang masih terbatas perlu didorong lebih agresif dengan berbagai terobosan, seperti terobosan kebijakan, pendanaan, teknologi, dan sumber daya manusia, karena energi adalah hajat hidup kita semua dan energi terbarukan akan membuat pembangunan berkelanjutan menjadi lestari.

Dalam pengembangannya, walaupun energi terbarukan lebih ramah lingkungan daripada energi fosil, tetap diperlukan adanya kerangka pengaman (safeguard) untuk memastikan dampak lingkungan dan jejak karbonnya minimal.

 

Potensi energi terbarukan di Indonesia?
Berdasarkan data dibawah ini, potensi energi terbarukan di Indonesia mencapai 866 GW. Sementara itu, pemanfaatannya pada tahun 2015 baru mencapai 8.78 GW atau sekitar 1% dari potensi yang ada.

 

Infografik
Potensi Energi Terbarukan

 

Kenapa kita harus mendukung energi terbarukan mulai sekarang?
Karena isu energi terbarukan menjadi bagian dalam penanggulangan perubahan iklim yang menjadi ancaman terbesar dunia, dan inisiatifnya sudah berjalan dimana-mana.

Apa yang bisa kita lakukan?
Indonesia akan tertinggal bila selalu menunggu pemerintah dan masyarakatnya tidak berinisiatif mulai dari sekarang, dari diri sendiri.

3 infografik dijajar horizontal

  1. Cara Mudah Efisiensi Energi
  2. Cara Dukung Energi Terbarukan
  3. Terjun ke Green Jobs