Role Profile

Location Jakarta Office
Job Title Graphics Designer
Functional Area Program
Reports to Project Manager
Effective Date July 2021
Working Language Indonesia
Expected Starting Date 15 August 2021
Contract Period August 2021 to October 2021

 

A. Latar Belakang

Tentang Koaksi Indonesia

Koaksi Indonesia (Koaksi) adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai pusat jejaring strategis dan inkubator ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Koaksi bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkret dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.

Spesifik pada sektor energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada energi yang berkelanjutan, akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang inovatif, dan sisi ekonomi energi dan ketahanan energi. Pendekatan yang dilakukan Koaksi adalah advokasi kebijakan, kampanye untuk mendapatkan dukungan publik, dan pengembangan kolaborasi strategis dengan berbagai mitra. Saat ini, yang dikerjakan Koaksi untuk energi yang berkelanjutan adalah mengawal aspek keberlanjutan dalam industri biodiesel Indonesia, transisi energi dari energi berbasis fosil ke energi terbarukan, membuat toolkit inventarisasi gas rumah kaca di sektor energi dan limbah untuk mendukung target pencapaian NDC (Nationally Determined Contribution) Indonesia pada komitmen global yang sudah dibuat, dan mendorong kampanye green jobs sebagai pintu masuk dukungan anak muda pada energi terbarukan dengan tagar #EnergiMuda. Tambahan lagi, Koaksi juga tengah mendorong penggunaan energi terbarukan pada sektor transportasi untuk mendukung transportasi publik yang inklusif, efektif, dan rendah emisi.

 

Tentang Kampanye Ngerti Iklim

Studi yang dilakukan oleh World Meteorological Association (WMO) yang diterbitkan dalam Global Annual to Decadal Climate Update for 2020-2024, memprediksi bahwa suhu global secara rata-rata akan naik hingga 1 derajat Celcius. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia dari tahun 1906 hingga 2005, suhu permukaan global meningkat sebesar 0,74 derajat Celcius. Kenaikan suhu ini tidak diragukan lagi disebabkan oleh kenaikan gas rumah kaca di atmosfer bumi, yang dilepaskan oleh aktivitas manusia. Dalam survey yang dilakukan oleh YouGov Cambridge Globalism bekerjasama dengan The Guardian, bahwa responden Indonesia menyatakan tidak percaya bahwa manusia membawa pola perubahan terhadap lingkungan. Hal ini berakibat masyarakat Indonesia paling meragukan perubahan Iklim (18%), posisi berikutnya diikuti oleh masyarakat Arab Saudi (16%) dan Amerika serikat di urutan ketiga (13%).

Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut dimulai dari kurangnya minat baca. Tingkat minat baca anak di Indonesia cenderung menurun dan masih jauh di bawah rata-rata negara OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development). Saat ini Indonesia berada pada peringkat ke-72 dari 77 negara. Selain itu informasi yang beredar juga cukup terbatas. Materi tentang perubahan iklim yang tidak menarik, tidak dekat dan terlalu kompleks bagi anak muda Indonesia juga dapat menjadi penyebabnya. Akhirnya anak muda tidak memahami konsep iklim dan perubahan yang terjadi saat ini sehingga tidak memiliki kesadaran juga opsi untuk berkontribusi pada perubahan iklim. Padahal seharusnya Indonesia perlu memanfaatkan potensi bonus demografi yang tidak dimiliki oleh semua negara. Berdasarkan hal tersebut, Koaksi Indonesia membangun sebuah kampanye dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak muda dalam perilaku yang berdampak pada perubahan iklim melalui media sosial.

 

B. Periode Kerja

Periode kerja selama 3 bulan dengan potensi perpanjangan di kemudian waktu (sesuai kesepakatan).

 

C. Metode Kerja

Metode kerja paruh dengan ketentuan kerja sebagai berikut:

  1. Kehadiran Fisik: 3 (tiga) hari dalam 5 (lima) hari kerja per minggu
  2. Waktu kerja: rata-rata 8 (delapan) jam kerja per hari, atau 120 jam per bulan karena total hari kerja peserta magang setiap bulan adalah 15 hari kerja
  3. Dengan adanya ketentuan kerja ini, maka staf yang bersangkutan wajib mengisi timesheet yang harus diserahkan kepada direct user/supervisor, setiap tanggal 20 bulan berjalan untuk ditinjau dan diserahkan kepada Manajer Operasional agar diproses lebih lanjut.

 

D. Supervisor

Graphic Designer akan bertanggung jawab kepada Campaign Officer.

 

E. Lingkup Pekerjaan

    1. Membuat rencana dan konsep visual sesuai dengan Editorial Plan Ngerti Iklim untuk Instagram dan TikTok
    2. Membuat ilustrasi dan gambar yang mengidentifikasikan pesan dari kampanye
    3. Membuat desain grafis konten media sosial dan promosi kampanye
    4. Menganalisa tren kampanye terkait perubahan iklim
    5. Menganalisa keefektifan kampanye ngerti iklim
    6. Meningkatkan visibilitas kampanye melalui media sosial
    7. Turut terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan Koaksi Indonesia dan mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh atasan sesuai dengan perkembangan organisasi
    8. Meningkatkan kapasitas pribadi secara terus-menerus dan membantu peningkatan kapasitas organisasi

 

F. Kualifikasi

    1. S1 semua jurusan
    2. Berpengalaman dalam berorganisasi atau bekerja dalam tim (volunteering diperbolehkan)
    3. Menguasai salah satu software desain grafis (eg. Corel draw, Adobe Illustrator, Adobe InDesign)
    4. Mampu membuat design yang menarik dan sesuai dengan target kampanye
    5. Menguasai dan mengikuti isu perubahan iklim dan aksinya
    6. Mampu menulis dan berkomunikasi yang baik menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan baik
    7. Memahami proses operasional dan administratif yang mendukung kerangka kerja logis (logical framework)
    8. Memiliki kemampuan mengelola pekerjaan secara efektif dan efisien (bekerja dengan tenggat waktu ketat), baik secara individual maupun tim
    9. Berorientasi pada hasil dalam waktu yang telah disepakati

 

Koaksi Indonesia mempersilahkan pelamar untuk mengirimkan aplikasi dengan melampirkan Cover Letter dan CV terbaru melalui email ke: secretariat@coaction.id, selambat-lambatnya tanggal 07 Agustus 2021 dengan mencantumkan kode pada subjek email: GD-Coaction2021_NamaPelamar.

Koaksi Indonesia memberikan kesempatan kepada semua yang tertarik dan memenuhi syarat. Koaksi Indonesia tidak membedakan ras, jenis kelamin, disabilitas, agama/kepercayaan dan usia untuk mengirimkan aplikasinya.

Semua aplikasi yang masuk diperlakukan secara rahasia.

Hanya kandidat terpilih yang akan diundang untuk wawancara.