Kerangka Acuan

Penjelasan Organisasi:

  1. Koaksi Indonesia adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai pusat jejaring strategis dan inkubator ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara. Kami bekerja sama dengan pembuat kebijakan, sektor swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkrit dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan yang nantinya akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan ketahanan pangan
  2. Khusus isu energi terbarukan, Koaksi Indonesia menyasar pada sektor ketenagalistrikan dan akses energi yang terjangkau di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) dengan bentuk-bentuk intervensi yang dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan. Intervensi yang dilakukan Koaksi Indonesia fokus pada kampanye dan advokasi, peningkatan kapasitas, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Dengan semangat kolaborasi, Koaksi Indonesia mengajak pemangku kepentingan untuk mengambil peran dalam mengawal pencapaian target 23 persen untuk energi terbarukan dalam bauran energi nasional, termasuk mendorong transformasi kebijakan energi, membuat komitmen bersama, dan membangun kebutuhan publik untuk energi terbarukan, karena masa depan energi terbarukan di Indonesia sangat bergantung pada pemahaman dan keinginan kuat dari pemangku kepentingan agar mampu membuat arah yang jelas dan konsisten dengan misinya.

 

Penjelasan Pekerjaan:

Tanggung jawab Koordinator Komunikasi adalah bersama dengan Manajer Kampanye membangun dan mengembangkan strategi komunikasi dan kampanye Koaksi Indonesia yang dapat diturunkan menjadi rencana kerja dengan timeline, output, dan outcome yang jelas. Kemudian, Koordinator Komunikasi juga mendukung Manajer Kampanye menurunkan strategi dan perencanaan ini ke alokasi sumber daya manusia dan indikator yang harus dicapai oleh masing-masing sumber daya manusia. Koordinator Komunikasi bertanggung jawab pada kerja-kerja komunikasi yang mendukung kampanye dan kemajuan organisasi, seperti perangkat komunikasi organisasi, baik situs web maupun media sosial, profil organisasi, hingga publikasi, baik rutin maupun tidak rutin lainnya yang dibutuhkan untuk kemajuan Koaksi Indonesia. Seringkali Koordinator Komunikasi harus mampu mewakili organisasi dalam pertemuan mitra atau pemangku kepentingan terkait program kerja komunikasi dan kampanye, berdasarkan arahan supervisor langsung maupun direktur yang bersangkutan. Dalam mengerjakan tugasnya, Koordinator Komunikasi juga diharapkan dapat melihat potensi pengembangan program yang dapat dilakukan organisasi kedepannya, melalui hasil pengamatan yang diperoleh dari berbagai sumber, termasuk kolaborasi dengan jejaring atau mitra, seperti dengan pembuatan dokumen pendukung, seperti proposal, kerangka acuan kerja, dan laporan.

 

Periode Kerja: 6 (enam) bulan

Model kerja: Kerja penuh/full time

Dengan keterangan kerja sebagai berikut:

  1. Syarat kehadiran fisik: 5 (lima) hari dalam 1 minggu
  2. Syarat waktu kerja: 8 (delapan) jam kerja per hari dengan total 40 jam seminggu atau 160 jam per bulan. Total hari kerja kurang lebih 20 – 22 hari
  3. Dengan adanya ketentuan kerja ini, maka staf yang bersangkutan wajib mengisi timesheet yang harus diserahkan kepada supervisor/penyelia langsung minimal setiap bulannya tanggal 20 untuk ditinjau dan diserahkan kepada Manajer Operasional untuk diproses lebih lanjut.

 

Supervisor: Koordinator Komunikasi bertanggung jawab kepada Manajer Kampanye.

Lingkup Pekerjaan Koordinator Komunikasi:

  1. Membantu Manajer Kampanye membangun dan mengembangkan strategi komunikasi dan kampanye Koaksi Indonesia yang dapat diturunkan menjadi rencana kerja dengan timeline, output, dan outcome yang jelas
  2. Kemudian, Koordinator Komunikasi juga mendukung Manajer Kampanye menurunkan strategi dan perencanaan ini ke alokasi sumber daya manusia dan indikator yang harus dicapai oleh masing-masing sumber daya manusia
  3. Terkait rencana kerja, Koordinator Komunikasi juga turun dalam rencana anggaran dan pengadaan bekerja sama dengan tim operasional dan keuangan
  4. Memastikan kerja komunikasi yang efektif dan efisien dalam perencanaan, implementasi, pemantauan, dan evaluasi
  5. Koordinator Komunikasi bertanggung jawab pada kerja-kerja komunikasi yang mendukung kampanye dan kemajuan organisasi, seperti perangkat komunikasi organisasi, baik situs web maupun media sosial, profil organisasi, hingga publikasi, baik rutin maupun tidak rutin lainnya yang dibutuhkan untuk kemajuan Koaksi Indonesia, antara lain update berkala kepada tim di internal dan eksternal
  6. Bertanggung jawab mengelola data mitra dan pemangku kepentingan, termasuk menjaga hubungan dan memperluas jejaring
  7. Memberikan rekomendasi untuk mengantisipasi potensi konflik/krisis serta tantangan selama kampanye atau program berjalan, dan potensi pengembangan program kedepannya
  8. Menjalankan pekerjaan lain yang ditugaskan dan masih masuk ke dalam ranah komunikasi.

 

Kualifikasi:

  • Pendidikan minimal S1
  • Memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik, lisan maupun tulisan
  • Berpengalaman kerja komunikasi minimal 3 (tiga) tahun
  • Memiliki kemampuan manajerial yang baik, minimal pernah mengelola 2 orang dalam jangka waktu sedikitnya 3 (tiga) tahun
  • Berpengalaman membangun strategi komunikasi dan menyelenggarakan kampanye publik
  • Berpengalaman mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola informasi terkait perkembangan sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lingkungan yang pernah, sedang, dan kemungkinan akan terjadi
  • Memiliki jaringan yang luas dengan organisasi masyarakat sipil, pemerintah, dan swasta, termasuk media massa
  • Memiliki keterampilan menulis dan menyunting dengan baik, termasuk menulis artikel, menyusun proposal, kerangka acuan kerja, maupun laporan
  • Memiliki keterampilan membangun presentasi dan menyampaikannya dengan baik
  • Telah memiliki publikasi (lebih diutamakan)
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke wilayah-wilayah yang menjadi lokasi kerja organisasi.

 

Kompetensi dan kemampuan lainnya:

  • Memiliki integritas, profesionalisme, dan etika kerja yang baik
  • Kesediaan untuk menerima tanggung jawab dan bekerja secara mandiri dengan supervisi minimal
  • Kemampuan untuk mengelola pekerjaan secara efisien dan sesuai tenggat waktu
  • Kemampuan bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu yang bersamaan
  • Kemampuan untuk mengatasi aktivitas proyek yang padat
  • Kemampuan untuk memahami aturan organisasi dan menaatinya
  • Kemampuan menyelesaikan masalah dan bekerja secara efektif
  • Komitmen dan kesediaan untuk mempelajari kapasitas/keahlian baru, dan adaptif dengan perubahan lingkungan kerja
  • Bisa bekerja dalam tim dan menghargai perbedaan
  • Kapasitas komunikasi dan koordinasi yang baik.

 

INFO:
1. Silakan kirim surat lamaran dan CV ke secretariat@coaction.id dengan subyek email: Lowongan – Koordinator Komunikasi
2. Batas akhir pengiriman surat lamaran dan CV adalah tanggal 5 Juli 2019
3. Kandidat yang terpilih maupun tidak akan kami hubungi