IMAGINACITY: Merakit Imaji tentang Wajah Ibu Kota Negara Baru

IMAGINACITY: Merakit Imaji tentang Wajah Ibu Kota Negara Baru

Penulis: Yessi Febrianty/Coaction Indonesia dan Rosmiyati D. Kandi/Yayasan CERAH
Editor: Gabriela Claudia Kalalo/Coaction Indonesia

Agustus 2019 lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Tiga bulan berselang, Presiden kembali mengingatkan publik tentang rencana memindahkan Ibu Kota di Instagram, yang menampilkan alasan kepindahan sekaligus memancing jawaban pengikutnya dengan pertanyaan: ibu kota seperti apa yang kalian inginkan?

Lebih dari sekedar mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, Yayasan Indonesia CERAH bekerja sama dengan Koaksi Indonesia dan 350.org ingin memantik imajinasi publik khususnya generasi muda, tentang harapan ibu kota baru Indonesia, terutama agar masalah yang dihadapi ibu kota Jakarta saat ini yang menurut Presiden macet, polusi, banjir, dan padat, tidak terjadi di ibu kota baru.

Imajinasi tentang ibu kota baru ini kemudian dikemas dalam serial diskusi menggunakan media podcast yang saat ini lebih banyak digunakan oleh orang muda sebagai sumber informasi. Menurut laporan The Smart Audio dari Edison Research menunjukkan bahwa 65 persen pemilik gawai mendengarkan lebih banyak musik, dengan peningkatan signifikan untuk berita, podcast, dan buku audio[1].

Hal tersebut tentu saja perlu dimanfaatkan oleh Koaksi Indonesia yang dalam hal ini bekerjasama dengan Yayasan Cerah dan 350.org, untuk memproduksi serial Podcast berjudul ‘Imaginacity’ dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang tidak hanya kompeten, tetapi juga punya terobosan agar imajinasi tersebut dapat diterapkan di ibu kota baru, dalam konteks membangun ibu kota yang nyaman dan mengutamakan penggunaan energi bersih dan terbarukan.

Podcast ini dibuat berseri dengan tujuan untuk menjaga agar gagasan tentang penggunaan energi bersih dan terbarukan selalu muncul di setiap narasi tentang masa depan Indonesia tahun 2045, memberi ruang seluas-luasnya bagi inspirator muda untuk mengembangkan imajinasi tanpa batas tentang membangun ibu kota baru yang menggunakan energi bersih dan terbarukan, mendorong generasi millenial agar tidak canggung mengimajinasikan energi bersih dan terbarukan di ruang-ruang diskusi mereka.

Terdapat lima tema besar yang dibahas dalam serial podcast Imaginacity, yaitu:

  1. Imagining the New Capital: Smart and Sustainable
  2. Powering the New Capital in a Clean, Smart & Sustainable Way
  3. The New Mobility: Clean and Smart Transport
  4. Smart and Green Building
  5. A New Zero Waste Capital City

Adapun narasumber yang terlibat dalam serial podcast Imaginacity diantaranya adalah Manajer Kemitraan Smart City Center Universitas Indonesia Achmad Gamal, Pendiri Rujak Center for Urban Studies Elisa Sutanudjaja, Peneliti Institute for Energy Economics and Financial Analysis (IEEFA) Elrika Hamdi, Direktur Akuo Energy Refi Kunaefi, Transport Planning Section Head PT MRT Jakarta Hanna Pertiwi, Pegiat di Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) Adriansyah Yasin Sulaeman, Arsitek dan Urban Designer Sigit Kusumawijaya, Principal Consultant di ScA-consultant Anggie Amalia, Project Executive Waste4Change Adhitya Prayoga dan Founder Divers Clean Action/DCA (Yayasan Penyelam Lestari Indonesia) Swietenia Puspa Lestari.

Penasaran seperti apa pembahasanya? Kalian bisa langsung dengarkan serial podcast Imaginacity di aplikasi Spotify, Anchor, Google Podcast, Apple Podcast atau melalui website KBR Prime di link ini ya! Selamat berimajinasi.

[1]Dikutip dari berita di CNN Indonesia tanggal 1 April 2018 – https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180401031240-241-287315/podcast-masa-depan-penyiaran- yang-belum-pasaran-di-indonesia